BlackBerry menjadi ponsel pilihan dari para pemain game mobile
Jakarta, 13 Januari 2011: Perusahaan mobile media dunia, BuzzCity hari ini mengeluarkan laporan bulanannya Djuzz Mobile Gaming Metrics (bulan Desember 2010) yang mengkaji perilaku pengguna di portal game Djuzz. Pada Laporan ini menggarisbawahi tren dari game mobile selama sebelas bulan terakhir sejak Djuzz diluncurkan. Dalam waktu kurang dari satu tahun beroperasi, Djuzz telah mendistribusikan hampir 50 juta game mobile.
Djuzz telah mendistribusikan lebih dari 9 juta game mobile untuk bulan Desember saja, yang mana menunjukan peningkatan sebesar 18%. Selama bulan Desember tersebut, terdapat 120.000 pengunjung unik ke portal Djuzz setiap harinya (meningkat 9% dari bulan November) dan setiap pengunjung minimal mengunduh sebanyak empat kali.
Walau ponsel Cina tanpa merek telah memberikan dampak pada kuartal terakhir 2010, namun Nokia tetap mendominasi pangsa pasar: 15 ponsel dari 20 ponsel teratas di 2010 merupakan keluaran Nokia dan 49% keseluruhan download berasal dari ponsel Nokia. Ponsel Cina tanpa merek di sisi lain mulai menurun pada akhir tahun; mengambil hanya 10% dari total download di tahun 2010. Ponsel jenis lain seperti BlackBerry, Samsung, Sony Ericsson, Motorola dan LG terus mempertahankan posisi mereka dengan meningkatkan kehadiran mereka di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Afrika Selatan, Malaysia, Indonesia dan Ghana.
Bahkan, seiring dengan semakin popularnya Djuzz di pasar-pasar berkembang, BlackBerry membuktikan diri sebagai salah satu ponsel yang semakin banyak digunakan oleh para pemain game mobile. Tahun lalu, Blackberry menguasai 0.5% (288.000) dari keseluruhan download dan terus bertambah, menancapkan kakinya pada beberapa pasar mobile utama seperti Inggris, Amerika Serikat dan Indonesia. Pertumbuhan ini dikarenakan peluncuran AppWorld dari RIM dan dukungan HTML5 (WebWorks) pada tahun lalu.
Download via BlackBerry meningkat tiga kali lipat pada semester kedua tahun 2010 dan ini disebabkan oleh peningkatan distribusi game di katalog Djuzz (diluncurkan pertengahan Mei 2010) dan peningkatan pada game untuk ponsel BlackBerry yang mulai tersedia di kuartal ke-3.
Dr KF Lai, CEO dari BuzzCity mengatakan: “Game mobile semakin kuat. Kami yakin tahun 2011 menjadi tahun yang sangat bagus bagi komunitas game mobile – dari para pengembang hingga para pemilik brand yang menggunakan game mobile untuk mencapai target pemirsanya.”
Lima negara teratas yang telah aktif di Djuzz adalah India, Indonesia, Amerika Serikat, Nigeria dan Afrika Selatan. Berdasarkan temuan dari laporan Matrik menyarankan kampanye-kampanye meningkatkan download dan hal ini termasuk liputan atas kegiatan-kegiatan besar seperti acara olah raga, peluncuran film dan kampanye yang berhubungan dengan hari raya besar.
Kategori utama Game Mobile yang banyak di download selama setahun adalah:
- Action & Adventure (24%)
- Racing (13%)
- Sports (10%)
- 3D Games (10%)
- Arcade (9%)
Untuk melihat laporan lengkap, silahkan kunjungi situs BuzzCity.
Tinggalkan komentar