Mobile Internet meningkat pesat namun ponsel belum dapat mengancam PC!
Jakarta, 14 February 2011: Kajian yang dikeluarkan oleh perusahaan mobile media Buzzcity hari ini menunjukkan bahwa ponsel sebenarnya tidak menggeser melainkan menyokong permintaan konsumen akan PC, meskipun fungsi perangkat ponsel yang semakin canggih sekarang ini.
Riset global yang mensurvei 5.000 orang menemukan bahwa alat komputasi masih tetaplah penting dan bahkan aspiratif bagi para pengguna Mobile Internet – 21% berencana untuk membeli aksesoris komputer dalam waktu 12 bulan mendatang dan 36% telah mencoba tablet PC. Meskipun begitu, 23% dari pengguna Mobile Internet tidak menggunakan layanan tetap (fixed-line) Internet sama sekali dan 51% tidak mengakses layanan tetap Internet setiap hari. Jadi walaupun ada kemungkinan ponsel bisa saja mengambil alih PC dalam hal browsing Internet, namun belum ada tanda-tanda bahwa PC akan berangsur-angsur menghilang secara keseluruhan.
Mobile Gaming adalah kebalikannya dan pertumbuhannya mempengaruhi permintaan akan perangkat konsol games dibanding tahun 2008, permintaan atas perangkat konsol games turun hingga 7.94%.
Dr KF Lai, CEO dari Buzzcity mengatakan: “Mobile browsing selama ini dianggap sebagai ancaman bagi PC akan tetapi penelitian kami menunjukkan hal yang sebaliknya. Banyak orang mengakses Internet dengan berbagai jenis perangkat, baik itu perangkat ponsel atau yang lainnya.”
“Pola browsing yang muncul sejauh ini memberikan wawasan yang lebih dalam kepada para pelanggan kami akan produk apa yang dicari oleh para konsumen dan peluang-peluang pasar yang masih belum tercapai,” tambah Lai.
Berikut beberapa temuan penting dari hasil laporan survei:
- Pengguna Dewasa: kebanyakan pria (72%), berusia 18-45 tahun (86%), mempunyai pengetahuan tentang digital dan berkehidupan sosial tinggi.
- Transaksi mobile: Berkembang dari yang berhubungan dengan ponsel (seperti ringtone dan games) sampai dengan yang berwujud (tiket pesawat, kamar hotel). Konsumen mempercayai ponsel mereka untuk melakukan layanan finansial seperti pembayaran tagihan, transfer uang – 46% dari yang disurvei mengatakan bahwa mereka akan menggunakan ponsel mereka untuk hal ini.
- Layanan Finansial: Peluang terbesar mungkin terletak pada industri layanan keuangan dengan memanfaatkan hal yang berhubungan dengan financing, asuransi dan peluang berinvestasi.
- Handset: Meskipun Nokia masih mendominasi untuk pemakaian mobile browsing dengan 42% dari traffic, Samsung berkembang pesat tahun lalu dan mengalahkan Sony Ericsson. Diperkirakan masih banyak lagi aktivitas dari para pengguna Samsung terutama dengan berkembangnya mobile browsing dan gaming di negara-negara seperti Brazil, Turki, Vietnam, Kenya dan Argentina.
Brand | Internet traffic |
Nokia | 42.2% |
Samsung | 10.3% |
Sony Ericsson | 9.4% |
Apple | 7.2% |
Blackberry | 4.0% |
-Ends-
Untuk laporan lengkap, silahkan download di “http://www.buzzcity.com/l/The-BuzzCity-Report.pdf.
Tentang BuzzCity
BuzzCity adalah perusahaan media mobile yang manawarkan akses kepada pemilik brand dan biro iklan ke jaringan iklan global di mobile internet. Jaring tersebut terdiri dari para penerbit dari seluruh dunia dan BuzzCity merupakan pemilik dari properti media mobile-nya. Sebagai salah satu pemain terdepan, BuzzCity telah mengembangkan pengetahuan yang mendalam atas para konsumen mobile dan memberikan kesempatan yang jelas bagi para pemasar dalam menggapai para pemirsa mereka melalui program-program iklan dan yang dikeluarkan para penerbit.
Informasi tambahan dapat ditemukan di www.buzzcity.com.
Tentang Riset
Survei diadakan sejak bulan Oktober 2010 hingga Januari 2011 di 13 negara, mewakili beragam wilayah geografis: Amerika, Eropa, Asia, Afrika dan Oceania. Survei dilakukan secara singkat untuk memenuhi kebutuhan data mobile internet. Masing-masing partisipant mendapatkan 11 pertanyaan: 10 pilihan ganda dan 1 pertanyaan esai.
Tinggalkan komentar